Selasa, 28 Oktober 2008

Cinta, Hati, dan Logika...



Udah lama nggak nulis, eh nulisnya malah sok puitis kayak tulisan gua yang pas sebelom ini. Ngeliat archieve tulisan tulisan gua jadi malu sendiri... :P

Malu karena gua bukan orang yang puitis, romantis, apalagi judis eh itu judes dink. J

Cinta, hati, dan logika ini bukan saingan buat bukunya Tan Malaka yang judulnya MADILOG alias Manifestasi, Dialektika, dan Logika. Sama-sama ada logikanya sih, tapi jelas beda (pemikiran Tan Malaka jelas jauh lebih berbobot dibanding pemikiran gua, lha wong otak gua bocor.. T_T).

Tag line cinta, hati, dan logika itu dikeluarkan oleh seorang pengamen waktu gua lagi nongkrong di Madtari jam dua pagi. Kurang kerjaan banget yak nongkrong ampe jam dua pagi (well gua balik ke kost jam tiga lebih actually :P)??..

Yeah waktu itu gua baru pulang nyodok ampe jam dua pagi, maennya sih jam 11 dan gak nyadar kalo ampe jam dua. Gua inget banget waktu itu gua pesen roti bakar keju plus susu kental manis dan juga cappucino anget. Lumayan bisa menghangatkan badan karena kondisi waktu itu hujan lumayan deres juga. Disela sela gua makan tiba-tiba dateng seseorang yang tanpa basa basi langsung bilang gini :

Seseorang : “Pagi pak, pagi bu, pagi nak..”

Note --> pagi nak dipisah bukan disambung apalagi dikurangi dan diganti hurufnya jadi **gina.. :P

Dan hipotesa awal gua tentang orang itu adalah :

  1. dia orang gila

terlihat dari dandanan yang awut-awutan dan rambut panjangnya yang kurang terurus

  1. dia mahasiswa eksentrik

hipotesa gua yang nomer satu terbantahkan karena gua mendengar beberapa omongan yang cukup berbobot dari orang ini. Selain itu dia juga kenal dengan beberapa pengunjung Madtari yang kebanyakan mahasiswa.

Orang ini ternyata seorang seniman eksentrik, belakangan gua tau kalo namanya Panjul (kalo gua gak salah denger). Panjul awalnya berpuisi, tentang cinta. Gua gak inget semua puisi si Panjul, yang gua tangkep Cuma ini

Panjul : “Ada apa dengan hati, ada apa dengan jiwa, ada apa dengan cinta??..”

Gua udah dengerin lumayan serius waktu Panjul ngomong gitu, tapi dia nyambung omongannya dengan begini

Panjul : “Ada deeeeeh, mau tau aja lo..”

Panjul kemudian juga berpuisi tentang hati dan logika. Satu hal yang buat gua tercenung karena gua mikir (walopun dengan otak gua yang bocor T_T) bahwa omongan si Panjul itu ada benernya.

Gua udah gak merhatiin si Panjul yang kemudian melakukan ritual potong kambing eh nyanyi karena dia pengamen (Lagu si Panjul genrenya Rock ‘n Roll kayak jaman Beatles dengan tempo cepat. Judulnya gua inget banget “Amputasi Cinta”). Otak gua lebih tertarik buat mikir tentang cinta, hati, dan logika ala Panjul. Intinya, si Panjul seakan mengingatkan gua (dan mungkin juga orang-orang yang lagi jatuh cinta ato kecewa dengan cinta ato apalah) bahwa kalo lo lagi jatuh cinta, gunakanlah hati dan logika lo dengan proporsi yang seimbang. Jangan terlalu berat pada salah satunya, karena yang rugi ya orang yang menggunakan hati dan logika dengan proporsi yang tidak seimbang. For example gua, kemaren2 gua menggunakan hati dan logika tidak dengan proporsi yang seimbang. Gua pake hati terlalu dalam, akibatnya fatal. Lukanya dalam dan susah sembuh. Kalo lo udah in relationship yang legal secara hukum dan agama that’s fine, tapi kalo kayak gua begini yang emang dari sononya udah bocor plus agak gila sedikit, jangan pake hati terlalu dalam. Biasa aja. Nah apa akibatnya kalo pake logika berlebihan? Ingat, pria dan wanita cara berkomunikasinya berbeda. Wanita lebih menggunakan emosi sedangkan pria menggunakan logika. Dimana nyambungnya kalo para pria hanya menggunakan logika? Makanya gua bilang si Panjul ada benernya juga, pakailah hati dan logika lo secara seimbang supaya lo gak kecewa akan cinta. :)

Sok bijak banget nggak sih gua??..

Yeah sok bijak, karena gua jadi kayak politikus yang bisanya Cuma teori. Padahal pacaran aja belom pernah. Laku juga kagak hehehehe.... T_T Hufff....

Regards,

President of Rejected Republic yang otaknya bocor

Chandra Soekotjo

Tidak ada komentar: