Sabtu, 07 Juni 2008

Gedebage Flea Market


Di tempat inilah untuk pertama kalinya gua merasakan cinta pada pandangan pertama. Di tempat inilah gua pada akhirnya menentukan pilihan. Di tempat ini pulalah gua bisa dapet hoki sebanyak dua kali. Di flea market? Ada yang ga tau flea market? Itu bahasa Inggris dari pasar loak. Biar lo pada penasaran aja gua tulis flea market :P. Apa lo berpikir bahwa gua menemukan jodoh gua di pasar loak? Uh semoga saja tidak. Bukan jodoh teman, tapi... apa ya? Ya kalo gua bilang sih, gua melakukan dua pembelian abad ini di tempat ini..

Awalnya gua ngga begitu perhatian sama yang namanya Gede Bage Flea Market, sampe suatu ketika temen gua, si Gian, kasitau ke gua kalo di Gede Bage itu barang harganya murah merekah meriah. Dan pertama kali gua diajak ke Gede Bage ya sama si Gian. Waktu itu iseng banget. Gua lupa habis dari mana yang jelas tiba-tiba Gian ngajak gua ke Gede Bage. Karena gua penasaran, akhirnya gua iyain aja deh ajakan si Gian.

Kesan pertama gua tentang tempat ini adalah, jauh.. Pantat gua ampe pegel waktu nyampe di depan pasar Gede Bage ini. Dan yang pertama gua liat dari tempat ini adalah bukan pasar loak, tapi emang pasar tradisional. Nah pasar loaknya dimana? Pasar loaknya ada di bagian belakang. Yang dijual di pasar loak ini umumnya sih fashion macam baju, sepatu, tas, jaket, dll. Karena gua kesini tanpa tujuan yang pasti mo beli apa, akhirnya gua bingung sendiri waktu masuk ke bagian dalem pasar loak ini. Sampe akhirnya gua liat ada yang jual jaket. Gua tertarik buat beli jumper sebenernya, bukan jaket. Tapi malah gua nyoba-nyobain jaket. Dan gua tertarik dengan satu jaket yang diletakkan di bagian belakang sama yang jual. Jaketnya warna biru gelap, dengan corak minimalis, Cuma garis-garis putih doang sama huruf D (meleset dikit dari nama gua yang berawalan C.. :P). Gua dapet jaket itu dengan harga 35 ribu. Kalo lo liat jaketnya pasti ga nyangka kalo itu second dan harganya 35 ribu. Jaketnya keren kok (lo liat aja foto di sebela kiri postingan ini), apalagi gua yang pake halah... :).

Perjalanan kedua gua ke Gede Bage flea market lebih seru lagi. Kali ini gua jalan ama Andika. Rencananya gua ama Dika mo cari jas. Yoa, beneran jas..

Gua ama Dika terinspirasi nyari jas soalnya disini lagi sering gua liat banyak anak muda pake jas kalo lagi chill out. Jas, trus dalemannya kaos, trus pake spokat casual, humhumhum... keliatan keren abis pokoknya dah.. :D

Nah waktu itu gua ama Dika ke Gede Bage modal nekad doang. Gua ngga punya knowledge apa-apa tentang jas. Pokoknya nothing to lose (paling bensin doang losenya :P). Gua ama Dika memulai destinasi dari arah sayap pertama di bagian kanan tempat Dika parkir motornya. Dan waktu ke tukang jas pertama, si bapak nawarin

Tukang Jas 1: “Ayo A’ jas nya. Mo model yang gimana??..”

Gua : “Mmmm.. ntar pak liat-liat dulu..”

Si bapak kemudian memperlihatkan koleksinya. Ada yang kancing dua, kancing tiga, kancing 4. Trus ada yang setelan (jas ama celananya) atao yang jas doang. Dari sini gua ama Dika udah mulei dapet patokan masalah jas yang dicari. Patokannya adalah :

1. Kancing maksimal dua

2. Warna gelap

3. Bermotif garis-garis vertikal --> yang ini sih untuk menyamarkan bentuk bodi :P

Di sayap pertama ini gua ama Dika Cuma nemu dua jas yang masuk kategori oke. Jas pertama warnanya cokelat muda, kancingnya Cuma satu, tapi yang jadi masalah adalah bagian furing dalemnya sobek. Jas kedua yang masuk kategori oke ada di tempat terakhir di sayap pertama. Warnanya item, kancingnya dua, motif garis-garis vertikal. Si penjual ngebuka harga dimulei dari 65 ribu. Tapi sayangnya dari jas ini adalah bahannya yang kurang bagus. Bahannya itu seperti kain yang keseringan dicuci pake disikat. So we were move to the next flank..

Di bagian awal sayap kedua ini gua nemu orang jualan jas yang rada ngebetein. Dia melakukan kebohongan publik pada gua dan Dika, udah gitu harganya mahal. Jadi untuk kebaikan bersama kita skip aja ke penjual selanjutnya.

Penjual selanjutnya adalah anak muda berbadan kurus dan terus-terusan senyum sama pelanggannya. Waktu gua kesitu ada satu orang yang sedang nyoba-nyoba, kalo gak salah sih, kemeja. Gua ama Dika langsung liat-liat dan Dika nanya..

Dika : “Mas ada jas warna gelap, kancing dua, motif garis-garis vertikal nggak??..”

Si masnya langsung ngasih satu jas warna biru gelap, kancingnya dua, plus corak garis-garis vertikal. Dika langsung nyobain tuh jas, rada kegedean waktu dipas ama Dika. Tapi bahannya jas itu bagus. Pas gua cobain tuh jas, ternyata tampak cocok di gua. Gua langsung suka sama tuh jas. Ternyata si masnya ini orang Jawa. Dia blasteran Jawa Tengah dan Batak (yah walopun mukanya dia mas mas banget, ga ada batak-bataknya maksud gua). Masnya ngaku kalo dia orang Jawa setelah mendapati gua ama Dika ngomong bahasa Jawa. Dika kemudian nanya..

Dika : “Sing item ono opo ora mas??... ”

Masnya kemudian ngasih jas yang masih diplastikin dengan spesifikasi yang jelas seperti yang Dika minta. Yang ini dahsyat juga, bahannya bagus, kancingnya dua, warna item, corak garis-garis vertikal. Dan pas banget waktu dicobain ama Dika. Tampak ramping dan gagah si Dika pake jas itu..:P Waktu ditanya masalah harga, si mas ngasih harga 85 ribu buat jas yang biru tua dan 125 ribu buat jas yang diplastikin. Akhirnya gua ama Dika mutusin buat nyari-nyari di tempat lain dulu, tapi si masnya maksa buat nawar. Akhirnya Dika bilang

Dika : “Yo wis mas, kowe mbuka’e piro??..”

Mas Blasteran tukang jual jas : “Yo wis mas, seratus loro. Piye??.”

Dika dan gua tetep pada keputusan awal buat nyari di tempat lain dulu. Si masnya kemudian bilang kalo balik kesitu lagi harganya naik jadi 110 ribu, tapi gua ama Dika ga takut. Kalo naek ya berarti ga jadi beli. As simple like that haha...

Tukang jual jas berikutnya yang dapet kehormatan buat dikunjungi oleh gua ama Dika (halah..) adalah satu tempat yang beraura bengis. Tempatnya agak didalem, dan bersetting gothic. Ditambah lagi pencahayaan yang kurang, makin gelap ajalah tuh tempat. Eh ndilalah lha kok yang jual malah menambah kesan gothic tempat itu. Yang jualan adalah duo gothic. Rambutnya rada gondrong, trus yang satu pake piercing di dagunya,yang satu lagi jarang senyum ke pelanggan. Tapi yang gua salut sama dua orang ini adalah pengetahuan mereka tentang jas. Tapi sayang ga ada yang pas buat Dika. Gua sih udah ngga nyari lagi, soalnya udah kesengsem sama jas biru tua di tempat mas nya yang tadi. Dan setelah perjalanan muter-muter labirin dan ga dapet apa-apa itu, gua ama Dika balik ke tempat masnya yang blasteran itu tadi. Di jalan gua ama Dika sepakat buat nawar tuh jas..

Dika : “Gimana Chan, ntar kita nawar berapa?”

Gua : “Mentok-mentoknya 80 bre..” --> buat dua jas..

Dika : “Mentoknya 80 ya? Berarti ngebuka tawarannya berapa Chan?”

Gua : “mmm 60 aja bre, trus naek 70, kalo ga boleh juga, naek 80 kalo ga boleh juga udah balik aja..”

Dika : “Oke meen..”

Pas balik ke tempat masnya itu lagi, si mas lagi ada pelanggan. Kita langsung aja duduk sambil nungguin masnya lagi ngejual ke pelanggan. Ga lama masnya langsung nanya ke kita..

Mas blasteran tukang jual jas : “Piye mas? Durung nemu sing cocok??..”

Dika : “Belum mas..”

Mas blasteran tukang jual jas : “Yo wis, naware piro mas??..”

Dika : “60 loro mas..”

Mas blasteran tukang jual jas : “Wah durung iso mas lek semono..”

Dika : “Yo wis 70. Piye??..”

Mas blasteran tukang jual jas : “Wis 90 lah mas..”

Dika : “Hm emoh.. Yo wis ngene wae, kowe ngeregani sing iki piro (Dika ngangkat jas item yang dia taksir) trus sing iki piro? (Dika ngangkat jas biru tua yang gua taksir)..”

Mas blasteran tukang jual jas : “Hmmm...” (sambil garuk-garuk kepala dan bingung..)

Gua : ngakak.. --> abis masnya lucu sih waktu itu...

Dika : “Yo wis mas, 80 wis..”

Mas blasteran tukang jual jas : “Durung iso mas, 85 wis..”

Gua : masih ngakak..

Dika : “Sebenernya titik temunya itu udah dapet lho mas, aku mundak 20 kowe mudhun 20. Ketemu ndhek 80 tho??..”

Mas blasteran tukang jual jas : garuk-garuk kepala lagi..

Gua : ngakak lagi..

Dika : Piye mas??..

Pas masnya mikir ada pelanggan yang dateng ke toko mas itu. Masnya ninggalin kita buat ngelayanin pelanggannya.

Dika : Gimana Chan, 85 kamu mau nggak?..

Gua : “Ga pa2 lah bre. 5 ribu ini..”

Dika : “Ah kamu soalnya udah naksir ama yang biru itu sih..”

Gua : “Hehehehe...”

Si mas balik buat ngelayanin gua ama Dika, dan dia nanya lagi

Mas blasteran tukang jual jas : (sambil senyum) “Piye mas..”

Gua pasang muka paling serius yang gua punya ke masnya..

Gua : “Ya udahlah mas.. (masih serius) Tetap 80..” (senyum sambil nunjuk masnya pake gaya Gusti OB)

Mas blasteran tukang jual jas : “Haduuuh..” (sambil garuk-garuk kepala..)

Si masnya keliatan kalo bingung, waktu lagi bingung-bingungnya itu Dika melakukan trik manipulasi pikiran paling handal di dunia..

Dika : “Kowe wis laku piro mas sedinoan iki??..”

Mas blasteran tukang jual jas itu diem doang sambil garuk-garuk kepala..

Dika : “Durung laku tho? Yo wis..... 80, piyeee??..”

Mas blasteran tukang jual jas masih diem sambil pasang muka mikir dan bingung..

Gua : ngakak..

Akhirnya masnya nyerah dengan menyerahkan dua jas itu seharga 80 ribu. Orang ganteng kayak gua emang selalu menang man... :P

Waktu lagi ngebungkus jas itu Dika bilang lagi ke masnya..

Dika : “Kowe wis nduwe bojo urung mas??..”

Mas blasteran tukang jual jas ngegeleng doang..

Dika : “Durung tho? Ojo mbathi akeh2 lek durung nduwe bojo..”

Gua : ngakak..

Masnya Cuma senyum pasrah aja digojeg-ki ama Dika..

Tuh jas langsung gua laundry in ke laundrette. Lumayan juga, jadi makin kinclong. Dan jas itu jadi keliatan lebih oke karena yang make mukanya agak-agak ningrat kayak gua ama Dika hehehe...

O ya, sekedar tips buat kalian yang mo ke pasar loak seperti itu. Datanglah waktu baru buka atao waktu mau tutup pasarnya. Kalo baru buka kan masih cari penglaris, nah kalo mo tutup mereka udah ga konsen ngejualin lagi, jadi langsung oke aja waktu ada yang nawar haha...

Selamat mencoba...

Tidak ada komentar: